December 12, 2019

Visi & Misi

Visi BPKD Kabupaten Wajo adalah gambaran arah pembangunan atau kondisi masa depan yang ingin dicapai BPKD Kabupaten Wajo melalui penyelenggaraan tugas dan fungsi dalam kurun waktu 5 (lima) tahun yang akan datang.

Visi renstra Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Wajo periode 2014 – 2019 adalah     :

“Terwujudnya Pengelolaan Administrasi  Keuangan dan Aset Daerah Yang Transparan Dan Akuntabel “.

Transparan/keterbukaan diartikan sebagai kesediaan pemerintah untuk senantiasa memberikan informasi faktual mengenai berbagai hal yang berkenaan dengan proses penyelenggaraan pemerintahan dengan memungkinkan masyarakat untuk mengetahui dan mendapatkan akses informasi tentang keuangan daerah.

Akuntabilitas berasal dari bahasa Latin accomptare (mempertanggungjawabkan) bentuk kata dasar computare (memperhitungkan) yang juga berasal dari kata putare (mengadakan perhitungan). Akuntabilitas (accountability) secara harfiah dapat diartikan sebagai “pertanggungjawaban”.

Pengelolaan keuangan dan asset daerah mempunyai arti bahwa yang dikelola dan dikoordinasikan oleh Badan Pengelolaan  Keuangan Daerah, yaitu: Pengelolaan pendapatan daerah, Pengelolaan belanja daerah dan pengeluaran pembiayaan serta Pengelolaan administrasi barang (asset) milik daerah yang ada disetiap satuan kerja perangkat daerah dan di wilayah Kabupaten Wajo.

Sejalan dengan itu, maka pernyataan visi dapat dijelaskan bahwa pengelolaan keuangan dan aset daerah dilakukan secara transparan, dan bertanggung jawab sebagai wujud pertanggungjawaban kewenangan pengelolaan keuangan dan aset daerah dalam rangka mendukung Wajo Yang Berkarakter Religius, Produktif, Unggul, Sejahtera Dan Aman.

Untuk merealisasikan Visi yang telah ditetapkan, maka Badan Pengelolaan Keuangan Daerah memiliki Misi yaitu:

“ Meningkatkan  Kualitas Sumber Daya Aparatur Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dengan Mewujudkan Anggaran Daerah Yang Berbasis Kinerja dan Tepat Waktu, Penatausahaan Keuangan dan Aset yang tertib, Laporan Keuangan Yang Akuntabel”.

Untuk dapat merealisasikan Visi dan Misi tersebut diatas, sesuai karakteristik tugas pokok dan fungsi yang diemban, maka nilai-nilai dalam kehidupan organisasi Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Wajo yang harus dikembangkan, adalah:

  1. Komitmen, memiliki keyakinan dan loyalitas terhadap tujuan organisasi dengan senantiasa melakukan upaya terbaik dalam mencapai tujuan organisasi dengan penuh rasa tanggung jawab.
  2. Integritas, sikap dasar dan sikap mental yang konsisten, teguh dan tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur, kebenaran dan keyakinan.
  3. Ketulusan, selalu bekerja dalam kesungguhan dan keikhlasan serta senantiasa menjaga kebersihan hati. Dengan adanya komitmen, integritas dan ketulusan segenap aparatur di lingkungan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Wajo dalam melaksanakan tugasnya, diharapkan visi dan misi Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Wajo dapat tercapai.